Sudahkah Bos Menganggap PR Strategis?

Sudahkah Bos Menganggap PR Strategis?

"Ada tiga syarat agar posisi dan fungsi public relations (PR) menjadi strategis." 

Sahabat... Kamis (11/6/2020), Saya diundang teman-teman Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU), untuk berbicara tentang Strategi Komunikasi Publik BAWASLU secara virtual. Forum tersebut diikuti 73 praktisi humas di lingkungan lembaga pengawas pemilu tersebut.

Satu hal penting yang Saya sampaikan adalah, PR harus berfungsi dan berposisi strategis agar semua program PR bisa berjalan optimal dan memberi kemanfaatan bagi organisasi. Agar strategis, tiga syarat berikut harus terpenuhi. Pertama, secara struktur PR ditempatkan di leher manajemen. Kedua, PR memiliki otoritas mewakili Manajemen dalam berkomunikasi kepada publik. Dan ketiga, memiliki anggaran memadai untuk mewujudkan peran strategisnya.

Jika salah satu saja tidak terpenuhi, tentu sulit bagi PR untuk menjalankan peran optimalnya. Sehingga, strategi komunikasi apapun kepada publik, tidak bisa leluasa kita rancang dengan baik. 

Nah, sudahkah di kantor Sahabat-sahabat, PR ditempatkan pada posisi strategis? Jika belum, mari terus berjuang, agar bos-bos kita memposisikan PR benar-benar strategis di leher manajemen. Tabik!

#publicrelations#strategicpr#komunikasipublik#manajemenkomunikasi#bawaslu