Public Relations (PR) yang Ideal

Public Relations (PR) yang Ideal

"PR yang ideal itu adalah mereka yang punya semangat juang kuat untuk menjadi relevan di setiap lintasan zaman."

Sahabat.... Sering sekali Saya ditanya oleh sahabat-sahabat praktisi PR, umumnya mereka adalah pimpinan PR di korporasi tentang "Seperti apa public relations (PR) yang ideal" di mata Saya. Sebuah pertanyaan yang tidak mudah dijawab, sejujurnya.

Menurut Saya, PR yang "ideal", adalah mereka yang pertama-tama, memiliki karakter kuat. Contoh karakter kuat adalah jujur, pejuang, dan pembelajar. Setelah itu punya kompetensi memadai. Dan terakhir, memiliki jaringan luas.

Tentang "pejuang", ini lebih mengarah kepada sosok yang punya fighting spirit, tidak mudah menyerah, tidak lembek, apalagi menye-menye. Mohon maaf, di zaman yang semakin sulit ini, figur-figur yang berkarakter kuat, sangat dibutuhkan di dunia PR. Soal kompetensi, tentu penting, tapi jelas bisa dipelajari. Tentang jaringan sosial, banyak forum yang bisa menjadikan Sahabat-sahabat punya relasi luas, semacam LinkedIn ini.

Sungguh pun begitu, memang tidak mudah mencari yang ideal. Tapi setidaknya, kita berusaha menjadi PR yang relevan di setiap lintasan zaman dan generasi. Bagaimana menurut Sahabat? Tabik!

#publicrelations#pryangideal#fightingspirit#kompetensipr